Senin, 27 Februari 2012




Guys, anda sudah pasti pernah dengar yang namanya stress, tapi apakah stress yang sebenarnya itu? Apa gejalanya? Apa bisa disembuhkan? Dengan cara apa? Sabaaar..di sini saya mencoba menjelaskan sedikit apa yang saya ketahui tentang stress.
Pada umumnya kita mengetahui bahwa stres merupakan sebuah gangguan terhadap tubuh karena tekanan psikologis, stress bukanlah sebuah penyakit yang di derita oleh fisik melainkan kejiwaan, namun dari gangguan kejiwaan ini bisa berdampak negative terhadap keadaan fisik, contoh kasus yang pernah kita lihat yaitu ada orang yang mampu melukai dirinya sendiri dengan benda tajam, bahkan ada yang berencana mengakhiri hidupnya dengan cara apapun, ini di sebapkan tekanan dari lingkungan sekitar yang membebani pikiran dan jika di biarkan menumpuk maka akan munculah yang kita kenal stress pada seseorang.
Kemudian apa saja gejala – gejala stress itu? Sebenarnya ada banyak gejala yang memperlihatkan bahwa Anda sebenarnya sedang dilanda stres tapi disini saya hanya akan menuliskan sedikit saja, maklum namanya juga baru belajar nulis.. :D


1.      INSOMNIA


Insomnia adalah sebuah penyakit atau gangguan di mana seseorang menjadi sulit untuk tidur, seseorang  akan mengalami kesulitan tidur yang pulas dikarenakan banyak pikiran yang membebaninya, suasana hatinya menjadi tidak nyaman, gelisah dan bahkan jikapun dia mampu tertidur maka tidak akan lama atau akan sering bbermimpi buruk






2.     MUNCULNYA JERAWAT
Untuk para remaja biasanya mereka menganggap munculnya jerawat di wajah mereka karena sedang puber (istilah gaulnya kira-kira sperti itu) atau ada juga yang menggangap jerawat muncul di karenakan sering mengkonsumsi kacang (berarti kalo makan jerawat timbul kacang? Haha :D) hmm..mungkin saja kedua hal ini benar tapi hati – hati menurut Gil Yosipovitch, MD, profesor dermatologi klinis di Wake Forest University, Stres dapat meningkatkan peradangan (inflamasi) yang menyebabkan jerawat.



3.      SAKIT PERUT DAN MUAL
Dalam hal ini  biasanya stress yang di munculkan akibat kecemasan yang berlebihan, dalam rasa cemas yang berlebihan seseorang akan susah berkonsentrasi dan mulailah muncul berbagai penyakit seperti sakit kepala atau sakit perut dan mual dari sebuah studi yang melibatkan 1.953 pria dan perempuan menemukan bahwa individu yang mengalami stres tiga kali lebih mungkin untuk mengalami sakit perut, meskipun menurut para peniliti bahwa secara ilmiah belum dapat di jelaskan hubungan antara sakit perut dan stress, namun hal ini juga di perkuat oleh sebuah teori yang menyatakan bahwa usus memiliki hubungan dengan jalur saraf di otak. Jadi, ketika pikiran bereaksi terhadap stres, usus mengambil sinyal yang sama.

4.      MASALAH PADA MULUT
Menurut Matthew Messina, DDS, penasehat konsumen untuk American Dental Association bahwa Kondisi rahang yang sakit dapat menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami gigi gemeretak (bruxism), yang biasanya terjadi selama tidur dan hal ini dapat diperburuk oleh stres, kata. 
Menggertakkan gigi saat tidur termasuk dalam gangguan dalam tidur, yang juga disebut sleep bruxism.Kebiasaan itu merupakan kebiasaan yang tidak disadari pelakunya. Sampai saat ini, penyebab sleep bruxism ini tidak diketahui secara pasti.
Namun beberapa peneliti mengatakan, orang yang punya kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur biasanya adalah orang sedang stres dan mencari solusi dari masalahnya. Kesimpulan tersebut dihasilkan berdasarakan penelitian terhadap 48 orang yang mengalami sleep bruxism.

 Kemudian Riset para peniliti yang telah di lakukan dari 14 studi di Brazil menyatakan bahwa seseorang yang mengalmi stress akan memiliki resiko mudah mengidap penyakit periondontal, ini akibat peningkatan hormon stress (kortisol) yang berlangsung secara berulang dan trus menerus akan dapat menggangu system kekebalan tubuh dan akan lebih memungkinkan bakteri dapat menyerang gusi

5.      NYERI HAID
Kali ini untuk wanita, wanita cenderung akan lebih mungkin mengalami menstruasi yang sangat menyakitkan bila dia sedang stress. Dalam sebuah penelitian di duga stress turut berperan besar terhadap pengaruh keseimbangan hormon dalam tubuh


Itulah beberapa gejala jika seseorang mengalami stress, kemudian jika ada yang menanyakan apakah stress ini bisa di sembuhkan? Saya pikir tentu bisa, bagaimana? Tidak sedikit orang atau lebih khususnya anak muda yang mengalami stress akan berakhir dengan minuman keras atau narkoba, hal ini tentulah salah dengan cara seperti ini hanya akan memperpanjang masalah dan bahkan malah memperburuk kondisi kesehatan tubuh kita, lalu dengan cara bagaimana? Dari hal yang biasa saya lakukan adalah minum teh hangat dan memakan coklat, teh dapat membuat pikiran kita menjadi rileks sedangkan coklat juga dapat menenangkan diri kita, dan cara ini lebih murah dan praktis namun jika stress yang anda alami sudah sangat parah maka saya sarankan untuk mengunjungi psikolog atau psikiater.


0 komentar:

Posting Komentar